Pendaftaran Akun

Langkah Pendaftaran yang harus dilakukan:

  1. 1. Datang ke laman Pendaftaran
  2. 2. Registrasi dengan mengklik menu daftar pada website dan mengisi data diri berupa nama lengkap, tanggal lahir, telepon aktif, dan alamat email aktif untuk mebuat username dan password.
  3. 3. Masuk dengan mengisi username dan password yang telah dibuat.

 


Upload Dokumen

Langkah permohonan paspor dan dan penyerahan dokumen yang harus dilakukan:

  1. 1. Buat permohonan di laman website dengan mengisi biodata lengkap dan pilih jenis pemohon (Baru/Penggantian)
  2. 2. Upload dokumen persyaratan yang diminta berupa bukti swafoto dengan KTP, dokumen KTP, KK, Ijazah/Akta Kelahiran/Buku Nikah, dan data pendukung lain yang diminta. Dokumen harus berformat
  3. 3. Tunggu dokumen yang diupload untuk diverifikasi oleh petugas verifikator.

 


Wawancara Virtual dengan WhatsApp Video Call

Langkah wawancara virtual yang harus dilakukan:

  1. 1. Setelah dokumen berhasil diverifikasi oleh petugas verifikator, pilih jadwal wawancara virtual sesuai jadwal yang tersedia pada website pandemi paspor.
  2. 2. Pada hari wawancara dilakukan, pemohon wajib menggunakan pakaian sopan dan rapi. Wawancara virtual dilaksanakan melalui Whatsapp Video Call. Pastikan koneksi stabil, serta kamera dan mic pada perangkat yang digunakan berfungsi dengan baik.
  3. 3. Tunggu petugas untuk menghubungi nomor telepon pemohon yang sudah didaftarkan, dan lakukan wawancara dengan menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh petugas dengan jujur. Petugas akan merekam wawancara yang dilakukan sebagai alat bukti pernyataan pemohon.
  4. 4. Setelah wawancara selesai dilakukan, pilih jadwal pegambilan foto dan biometrik yang tersedia pada laman website, dan datanglah ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang pemohon pilih.