Kantor Imigrasi Kelas II Madiun | SIAPKAN LAYANAN HAJI, KANIM MADIUN BERIKAN BIMBINGAN PENGURUSAN PASPOR
22141
post-template-default,single,single-post,postid-22141,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-1.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive
 

SIAPKAN LAYANAN HAJI, KANIM MADIUN BERIKAN BIMBINGAN PENGURUSAN PASPOR

SIAPKAN LAYANAN HAJI, KANIM MADIUN BERIKAN BIMBINGAN PENGURUSAN PASPOR

DSC00104
Menjelang pelaksanaan ibadah haji Tahun 1437 H/2016 M, Kantor Kementerian Agama mulai mempersiapkan pelayanan bagi calonjemaah haji (CJH) khususnya dalam hal persiapan pengurusan dokumen keimigrasian. Seperti yang terlihat pada hari Selasa, 16 Pebruari 2016, Kantor Kementerian Agama Kota Madiun mengadakan Sosialisasi Penerbitan Paspor bagi Calon Jemaah Haji Kota Madiun Tahun 1437 H/2016 M. Sosialisasi diikuti oleh perwakilan CJH Kota Madiun dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun dan Kantor ImigrasiKelas II Madiun.
Meski waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 tak terlihat gurat kelelahan di wajah para CJH Kota Madiun walaupun sebagian besar peserta berusia lanjut. Antusiasme peserta tetap terlihat saat tiba giliran Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kanim Madiun Prihatno Juniardi yang mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun sebagai narasumber kedua memberikan paparan. Prihatno menjelaskan bagaimana prosedur dan persyaratan penerbitan paspor bagi CJH serta kendala-kendala yang sering dihadapi oleh CJH. Berbagai pertanyaan kritis terlontar dari para peserta CJH. Seperti yang diutarakan Diran, CJH Kota Madiun inimenginginkan adanya koordinasi yang lebih baik antar instansi terkait khususnya Kementerian Agama dan Kantor Imigrasi sehingga CJH tidak mengurus paspor sendiri-sendiri dan pada saat menghadapi kendala mendapatkan penyelesaian yang cepat dan mudah. Diran berharap proses penerbitan paspor nantinya dapat berjalan tertib dan nyaman serta tidak membingungkan.
Selain memberikan paparan materi, Prihatno dengan dibantu staf Kanim Madiun juga memberikan bimbingan pengisian formulir permohonan dan pemeriksaan dokumen persyaratan. Beberapa permasalahan CJH dibahas satu persatu sehingga CJH tidak mengalami kebingungan. Prihatno menegaskan CJH tidak perlu risau karena pihak Kanim Madiun akan membantu mencari jalan penyelesaian.
Terkait koordinasi antar instansi jelang layanan haji, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun Sigit Roesdianto menyatakan bahwa selama ini koordinasi terus dilaksanakan. Dirinya menyambut baik sosialisasi yang diadakan oleh pihak Kantor Kementerian Agama karena sangat membantu pihak Imigrasi dalam proses penerbitan paspor. Terkait adanya kekhawatiran CJH yang harus mengurus paspor sendiri, Sigit menjelaskan bahwa menjelang pelayanan penerbitan paspor bagi CJH, Kanim Madiun selalu berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Koordinasi tersebut meliputi pengaturan jemaah yang akan melakukan proses permohonan serta penanganan permasalahan yang mungkin akan dialami CJH. Dengan begitu CJH tidak perlu merasa khawatir lagi karena baik Kanim Madiun maupun intansi terkait lainnya telah siap membantu dan melayani CJH. (adt/lk)

No Comments

Post a Comment