Kantor Imigrasi Kelas II Madiun | SOSIALISASI PENINGKATAN PENGAWASAN ORANG ASING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING (APOA)
22069
post-template-default,single,single-post,postid-22069,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-1.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.4.3,vc_responsive
 

SOSIALISASI PENINGKATAN PENGAWASAN ORANG ASING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING (APOA)

SOSIALISASI PENINGKATAN PENGAWASAN ORANG ASING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING (APOA)

Sosialisasi yang diadakan di Kantor Imigrasi Kelas II Madiun hari Jumat pada tanggal 11 Desember 2015 merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk anggota TIM PORA (Pengawasan Orang Asing) kota Madiun yang terdiri dari Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Kepala Sub Bagian Otonomi Daerah dan Pertanahan pad pada Bagian Administrasi Umum, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Perwira Seksi Intelijen Komando Distrik Militer 0803 Madiun, Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Resor Madiun Kota, Kepala Seksi Intelijen kejaksaan negeri Kota Madiun, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Kepala Bagian Hukum, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe B Madiun, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Madiun.
Sedangkan anggota TIM PORA Kabupaten Madiun terdiri dari dari Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Seketariat Daerah kab. madiun, Kepala Sub Bagian Otonomi Daerah dan pada bagian Administrasi Pemerintahan Seketariat Daerah Kab. Madiun. Kepala Seksi Wasdakim Kantor Imigrasi kelas II Madiun, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Resor Madiun, Kepala Seksi Intelijen kejaksaan negeri mejayan, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan dan Transmigrasi, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Madiun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Madiun .
Undangan diluar TIM PORA adalah Kepala Dinas Pariwisata Kota Madiun, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Madiun, Pimpinan Perhimpunan Hotel dan Restoran Kota Madiun, Pimpinan Radar Kota Madiun, Pimpinan Sakti TV, Pimpinan RRI Kota Madiun, sedangkan undangan pemilik tempat penginapan/ HOTEL adalah pimpinan/ manager Hotel Aston, Hotel Amaris, Hotel Merdeka, Hotel Bali dan Hotel Suncity.
Sosialisasi dimulai pada pukul 09.00WIB diawali oleh pembukaan dan sambutan Kepala Kantor Imigrasi kelas II Madiun Bapak Sigit Roesdianto, dalam sambutannya beliau menyoroti bebas visa kunjungan wisata bagi 75 negara dan kewajiban pemilik/ pengurus tempat penginapan melalui aplikasi APOA. Setelah sambutan Kepala Kantor Imigrasi kelas II Madiun dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Intelijen Penindakan Sarana Komunikasi Keimigrasian Bapak Med Evawadi. Dalam pemaparannya menjelaskan mengenai Sinergitas Pengawasan Orang Asing dimana dijelaskan mengenai kebijakan keimigrasian terhadap Orang Asing dan Pengawasan Keimigrasian terhadap Orang Asing. Dimana Tim Pora Kabupaten / Kota yang diketuai oleh Kepala Kantor Imigrasi dapat melakukan pengawasan terhadap penjamin terutama mengenai kewajiban penjamin atau pengurus tempat penginapan untuk memberikan data mengenai orang asing yang menginap di tempat penginapannya melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA). Sosialisasi dilanjutkan oleh kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian menjelaskan mengenai tata cara penggunaan APOA mulai dari tata cara pendaftaran sampai dengan tata cara pelaporan.
Dalam sosialisasi ini juga terdapat beberapa pertanyaan yang dikemukakan oleh para undangan sosialisasi antara lain dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga saudari Dewi Susilowati, saudara Pandjang dari Perhimpunan Hotrel dan Restoran Kota Madiun, dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Madiun, Radio Republik Indonesia, Sakti TV dan dari Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Madiun.
Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas kerjasama anggota Tim Pora dalam pengawasan Orang Asing dan saling memberikan informasi mengenai tata cara pendaftaran Orang Asing dengan memanfaatkan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) sehingga semakin memudahkan instansi terkait dan masyarakat untuk memberikan informasi mengenai keberadaan dan kegiatan Orang Asing di Wilayah Karasidenan Madiun dan sekitarnya.
2U0A0530

No Comments

Post a Comment